Alhamdulillah, Segala puja dan puji hanya milik Allah.

bila kita cantik, bila kita tampan, bila kita kaya, bila kita pintar, bila kita hebat, bila kita cakap bila ilmu kita banyak, bila lidah kita fasih, bila hati kita lembut, bila lisan kita manis, bila bait kita indah, bila kata kita bermakna, bila nalar kita mengagumkan, bila tulisan kita menakjubkan, bila…… dan bila semua keindahan, keelokan, kecantikan,kekayaan, kecerdasan, kepintaran, keajegan, kemampuan, keampuhan, dan segala sesuatunya yang mendatangkan kekaguman , itu semua adalah anugerah dari Allah, Hanya milik Allah, tak ada yang istimewa kecuali ketaqwaan

ان اكرمكم عند الله اتقاكم

“Sesungguhnya yang paling mulia di sisi Allah adalah yang paling bertaqwa”.
Semua hanya milik Allah. Kita hanya dititipi, seperti penitipan sandal umpamanya, pada akhirnya kelak semua yang ada pada diri kita akan dimintai pertanggungjawaban. Apakah kita mensyukuri titipanNya, menjaganya, memberinya hak dan kewajiban sesuai aturan pemiliknya? Apakah kita sudah memposisikan diri sebagai “yang dititipi”?

Manusia memang sombong. Dulu, kala Allah mengamanahkan bumi dan isinya kepada gunung, gunung yang kokoh menjulang di permukaan bumi ini menolak. Begitu juga yang lainnya. Tapi manusia, dengan angkuhnya, menyanggupi melaksanakan amanah berat itu. Begitulah manusia, yang harus memikul amanah sebagai khalifah di muka bumi. Selayaknya kita kembalikan lagi semua kepada pemilikNya, dengan tanpa merasa memiliki sedikit pun. Dunia ini hanyalah fatamorgana, jangan sampai tertipu.

“Barangsiapa yang bersyukur, maka Allah akan menambahkan nikmatNya. Dan barangsiapa kufur, maka sesungguhnya adzabKu sangat pedih.” Mudah saja bagi Allah mencabut nikmat yang kita miliki saat ini. Begitu juga, mudah saja bagi Allah memberikan nikmat tak disangka-sangka pada kita.

Sesungguhnya semua hanya milik Allah. Kita hanya diwajibkan berikhtiar, dengan rambu-rambu yang diberikan oleh sang pemilik. Selanjutnya tinggal terserah Allah saja apakah mau memberikan yang kita minta atau tidak. Yang pasti, Allah menyuruh kita terus berdo’a, dan Allah berjanji akan mengabulkan tiap do’a hambaNya. “Ud’uunii astajib lakum.” Berdo’alah, Allah pasti mengabulkan. Bukan hanya itu, Allah pasti akan memberikan yang terbaik bagi hambaNya. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk hambaNya.

Wallahu a’lam bishshawab.